Berita

    Featured Image

    Banyak Goresan Kecil di Body Mobil? Ini Cara Mengatasinya

    Mobil yang mulus dan bebas goresan tentu adalah dambaan setiap pemilik kendaraan. Itu sebabnya, tips menghilangkan goresan kecil di mobil penting untuk diketahui agar kendaraans terawat.

    Hal ini karena mobil rentan mengalami goresan-goresan kecil akibat berbagai hal, mulai dari gesekan dengan benda keras hingga terkena kerikil saat berkendara. Meski kecil, berbagai goresan ini dapat mengurangi estetika kendaraan Anda.

    Berikut Tips Menghilangkan Goresan Kecil di Mobil

    Untungnya, ada berbagai cara mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi masalah goresan kecil di mobil. Berikut ini beberapa di antaranya:

    • Cek Jenis Goresannya

    Langkah pertama dalam mengatasi goresan atau baret pada mobil adalah dengan mengetahui jenis dan kedalaman goresan tersebut. Goresan pada mobil umumnya dibagi menjadi tiga jenis: goresan di clear coat, di cat dasar, dan di cat primer.

    Goresan di clear coat hanya merusak lapisan pelindung luar saja dan tidak sampai ke lapisan cat dasar. Sedangkan goresan di cat dasar tentunya sudah menembus lapisan clear coat hingga cat berwarna.

    Sementara itu, goresan primer adalah yang paling parah karena sudah mencapai lapisan primer dan logam, sehingga membutuhkan penanganan yang lebih serius. Jadi, mengetahui jenis goresannya bisa membantu menentukan metode penanganan.

    • Gunakan Kompon

    Tips menghilangkan goresan kecil di mobil selanjutnya, gunakan kompon yang bisa dibeli di toko-toko suku cadang mobil. Kompon bekerja dengan cara mengisi goresan dan membuatnya tidak terlihat. Cara penggunaannya juga cukup sederhana.

    Gunakan Kompon dan lap dengan kainFreepik.com

    Pertama, bersihkan area yang baret dengan sabun dan air. Kemudian, keringkan dengan kain lembut. Lalu, aplikasikan kompon pada goresan menggunakan kain mikrofiber, dan gosok dengan gerakan melingkar hingga goresan tidak terlihat lagi.

    • Gunakan Minyak Rem

    Mungkin bagi Anda terdengar aneh, tapi ternyata minyak rem juga bisa digunakan untuk menghilangkan baret pada mobil. Hal ini karena minyak rem memiliki sifat abrasif yang ringan sehingga dapat membantu menghilangkan goresan.

    Cukup oleskan sedikit minyak rem pada kain lembut, lalu gosokkan pada goresan dengan gerakan melingkar. Setelah itu, segera cuci area tersebut dengan sabun dan air untuk menghilangkan sisa minyak yang bisa merusak cat jika dibiarkan terlalu lama.

    • Gunakan Petroleum Jelly

    Selain minyak rem, petroleum jelly seperti vaseline juga bisa menjadi tips menghilangkan goresan kecil di mobil. Bahan ini mudah ditemukan dan tentunya juga mudah digunakan.

    Untuk penggunaannya, pertama bersihkan area yang tergores dengan air sabun dan keringkan. Kemudian, aplikasikan petroleum jelly pada kapas dan gosokkan pada goresan. Petroleum jelly akan mengisi goresan dan membuatnya kurang terlihat.

    • Gunakan Cat Kuku

    Jika goresan pada mobil Anda cukup dalam hingga menembus lapisan cat dasar atau primer, Anda bisa menggunakan cat kuku bening atau nail polish sebagai solusi sementara. Cat kuku akan melindungi logam dari karat dan kerusakan lebih lanjut.

    Caranya, bersihkan area yang tergores, pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel. Lalu, aplikasikan cat kuku bening pada goresan dan biarkan kering. Langkah ini akan membantu menutupi goresan agar tampak tersamarkan.

    • Lakukan Pengecatan Ulang

    Jika goresan pada mobil Anda cukup dalam hingga sudah mencapai lapisan primer atau bagian logam mobil, ini artinya pengecatan ulang mungkin menjadi solusi terbaik.

    Langkah pertama adalah membersihkan area yang tergores dan mengamplas bagian yang rusak. Setelah itu, aplikasikan cat dasar yang sesuai dengan warna mobil Anda. Meski cara ini lebih mahal, tetapi hasilnya tentu lebih maksimal.