Berita

    Featured Image

    Ketahui Tingkat Kekentalan Oli Mobil yang Baik

    Tingkat kekentalan oli mobil berbeda-beda untuk setiap jenis mobil, tergantung spesifikasi dan usia mobil. Anda tidak dapat bebas memilih oli mesin, sekalipun di pasaran tersedia berbagai jenis oli dengan tingkat kekentalan yang beragam. 

    Anda harus mengetahui dulu jenis oli seperti apa yang sesuai untuk kendaraan Anda. Pada umumnya mobil lama atau tua menggunakan oli mesin yang lebih kental. 

    Sedangkan mobil keluaran terbaru dengan teknologi mesin yang lebih mutakhir, menggunakan oli mesin yang lebih encer.

    Tingkat Kekentalan Oli Mobil

    Cara mengetahui seperti apa kekentalan oli mesin mobil yang baik, tidak terlepas dari tiga hal. Pertama, pengemudi harus memahami karakter atau tipe mesin mobil. Karena setiap tipe mesin memerlukan jenis oli mesin yang berbeda. 

    Teknologi mesin akan berbeda pada tipe mobil baru dan lama. Mobil tua lebih membutuhkan oli yang kental karena mesin mobil mudah mengalami panas. Oli mesin yang kental tahan akan panas, sedangkan oli encer mudah menguap.

    Pertimbangan kedua yaitu mengetahui standar kekentalan oli mesin. Ada dua standar kekentalan oli yaitu:

    • Kekentalan Monograde

    Kekentalan tunggal yaitu oli mobil memiliki tingkat perubahan kekentalan atau viskositas yang minim terhadap perubahan suhu mesin. 

    • Kekentalan Multigrade

    Sedangkan oli mobil yang multigrade bisa digunakan dalam kondisi mesin dengan suhu berapapun. Oli multigrade dapat menjaga viskositas oli, sehingga bisa bekerja dengan optimal dalam melindungi komponen mesin. 

    Pertimbangan ketiga adalah kode tingkat kekentalan oli mesin. Terdapat dua kode yang sering dipakai yaitu, API (American Petroleum Institute) dan SAE (Society of Automotive Engineer). Namun, kali ini yang akan lebih banyak dibahas adalah kode SAE. 

    Memahami Tingkat Kekentalan Oli Mobil dari Kode SAE 

    Kode SAE dikeluarkan oleh lembaga dari Amerika, yang melakukan standarisasi kekentalan oli mesin mobil. Kode ini ditulis menggunakan gabungan angka dan huruf seperti SAE 10W atau SAE 20W-50.

    Semakin besar angka yang tertera menandakan semakin kental oli mesin. Sedangkan huruf W mempunyai arti winter (musim dingin). Berikut ini cara membaca kode SAE untuk mengetahui tingkat kekentalan oli mesin.  

    • SAE 20W-50

    Berarti tingkat kekentalan oli adalah 20 di musim dingin. Serta 50 di saat suhu 100 derajat celcius.