Berita

    Featured Image

    5 Penyebab Setir Mobil Oblak

    Setir mobil merupakan komponen vital mobil yang tidak hanya berfungsi untuk manuver mobil namun juga berperan penting dalam menjaga keselamatan penumpang. Setir mobil oblak atau tidak stabil tentu membuat berkendara menjadi tidak nyaman.

    Saat setir mobil goyang, roda mobil tentu menjadi sulit untuk dikendalikan.  Tak hanya itu, setir mobil yang tidak stabil juga bisa membahayakan pengendara. Lalu, apa penyebab setir oblak? 

    Penyebab Setir Mobil Oblak

    Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan setir mobil tidak stabil.

    • Komstir Rusak

    Komstir atau rack steer adalah komponen mobil yang berfungsi untuk menghubungkan antara kemudi dengan kaki-kaki mobil dan roda. Setir goyang bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian komstir.

    Kerusakan pada bagian ini bisa Anda rasakan ketika Anda menggunakan kecepatan tinggi. Pada kerusakan ringan biasanya ditandai dengan komstir mengendur yang bisa diatasi dengan membawa mobil ke bengkel untuk dikencangkan kembali.

    Sedangkan pada kerusakan parah, biasanya Anda harus mengganti komstir dengan yang baru. Jika Anda akan mengganti komstir, maka pastikan Anda menggantinya dengan suku cadang asli.

    • Masalah pada Dudukan Setir

    Setir mobil yang tidak stabil juga bisa disebabkan karena longgarnya baut dudukan setir sehingga dudukan tidak berada di posisi yang tepat.

    Masalah pada setir mobil

    Setir mobil yang oblak karena longgarnya baut dudukan bisa dikenali dengan goyangnya setir bahkan ketika mobil tidak dinyalakan. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan mengencangkan kembali baut yang longgar di bengkel terdekat. 

    • Adanya Masalah pada Rem Mobil

    Masalah pada sistem pengereman juga bisa berdampak pada tidak stabilnya setir mobil saat berkendara. Setir oblak bisa terjadi ketika kanvas dan cakram rem menipis dan tidak rata. Fluid rem yang rendah juga bisa menyebabkan setir oblak. 

    Setir goyang karena masalah sistem pengereman biasanya akan lebih terasa saat mobil berhenti atau melewati jalanan berlubang.

    Oleh karena itu, apabila Anda merasakan setir mobil Anda goyang maka Anda bisa memeriksa kondisi sistem pengereman mobil Anda. Apabila kanvas sudah aus dan minyak rem sudah habis maka Anda bisa mengganti atau mengisi ulang di bengkel. 

    • Velg Bengkok

    Selain masalah sistem pengereman, masalah pada roda juga bisa mengakibatkan ketidaknyamanan pada sistem kemudi. Jika sistem rem Anda baik-baik saja namun setir Anda bermasalah maka bisa jadi penyebabnya berada di roda.

    Velg mobil yang bengkok bisa menyebabkan roda tidak berputar dengan benar sehingga setir mobil terasa tidak stabil. 

    Velg bengkok bisa disebabkan karena kebiasaan buruk saat berkendara diantaranya yaitu melewati jalanan berlubang dengan kecepatan tinggi. 

    Selain itu, penggunaan velg yang berkualitas rendah juga bisa menyebabkan velg lebih mudah bengkok. 

    Velg yang sudah terlanjur bengkok tidak bisa dipakai lagi. Untuk mengatasinya maka Anda perlu mengganti velg mobil Anda ke bengkel. 

    • Roda Tidak Stabil

    Penyebab setir mobil oblak terakhir yaitu karena roda mobil yang tidak stabil. Roda yang tidak stabil bisa terjadi ketika roda yang satu tidak sejajar dengan posisi roda lainnya. Untuk mengatasi hal ini maka Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel.

    Solusi yang biasa dilakukan untuk mengatasi roda yang tidak stabil adalah spooring dan balancing.

    Apabila Anda ingin memperbaiki setir mobil goyang, Anda bisa menjadwalkan servis dengan mengunjungi https://suzukimegahputra.com/