Berita

    Featured Image

    Mengenal Lebih Jauh Apa itu Cruise Control.

    Bagi pemilik kendaraan baru, fitur seperti cruise control pasti merupakan hal yang sudah tidak asing didengar. Fitur ini adalah pengaturan yang berada di bawah setir mobil dan berfungsi untuk mengatur kecepatan laju mobil serta mempertahankan angka kecepatan tersebut. 

    Cruise control adalah fitur yang disukai pengemudi karena ketika mereka mengaktifkannya, tidak perlu memedal gas secara berulang-ulang. Sekarang ini, sudah banyak mobil keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan fitur ini.

    Mengenal Teknologi Cruise Control

    Ketika diaplikasikan pada kendaraan baru, mungkin kita akan langsung menganggap jika teknologi ini baru ditemukan. Tetapi, siapa yang menyangka jika sebenarnya teknologi ini sudah lama ditemukan, bahkan penemu fitur ini adalah seorang tunanetra. 

    Memiliki nama Ralph Teetor, ia merupakan pria yang berasal dari Amerika. Inspirasi menciptakan fitur ini muncul karena ia tidak dapat menyetir mobil karena keterbatasan fisik yang dimilikinya. Awalnya, ia merasa jengkel dengan supirnya yang lambat dalam menyetir mobil. 

    Akhirnya, ia mencoba menciptakan teknologi yang berguna untuk mengatur kecepatan mobil agar lebih stabil. Sesudah melakukan percobaan selama beberapa kali, ia akhirnya mematenkan perangkat yang telah dirancang di tahun 1948. 

    Dalam satu decade kemudian, perangkat ini akhirnya dipasang di kendaraan komersial. Mobil pertama yang menggunakan fitur ini adalah model 1958, kemudian banyak produsen kendaraan mewah yang menggunakan fitur ini untuk melengkapi fitur otomatis kendaraannya. 

    Manfaat Fitur ini Pada Mobil

    Setelah mengenal apa itu cruise control, kurang lengkap rasanya jika tidak membahas masalah manfaat yang dimilikinya. Pada dasarnya, ketika tombol ini ditekan, fungsinya langsung aktif. Biasanya, pengguna mobil menggunakan fitur ini ketika kondisi jalan sedang lenggang. 

    Contohnya ketika harus melintasi jalan tol. Tetapi, bila ingin mencobanya, lebih baik lihat terlebih dahulu kondisi lintasan, apakah sepi atau padat. Teknologi ini akan membuat pengemudi begitu nyaman berkendara, karena hanya perlu mengaktifkan serta mengaturnya dengan kecepatan tertentu, laju mobil akan langsung stabil. 

    Bukan hanya itu, manfaat lain yang dimiliki cruise control yaitu bisa menghemat bahan bakar. Dengan kecepatan kendaraan yang konstan dapat membuat penggunaan bahan bakar mobil menjadi stabil sehingga tidak terkuras secara berlebihan. 

    Cara Kerja Fitur