Berita

    Featured Image

    5 Tanda Air Radiator Mobil Habis dan Cara Mencegahnya

    Air radiator berfungsi menjaga suhu mesin mobil tetap stabil dan tidak overheat. Sebagai pengemudi Anda harus mengenali tanda air radiator mobil habis agar bisa menanganinya tepat waktu dan tidak membahayakan kondisi mobil. 

    Tanda Air Radiator Mobil Habis

    Sebenarnya ada banyak tanda yang mengindikasikan bahwa air radiator mobil telah habis. Sebagai pengemudi atau pengguna mobil, Anda sebaiknya memahami tanda-tanda berikut ini:

            1. AC Tidak Dingin

    Biasanya saat air radiator habis maka sistem pendingin tidak akan bisa bekerja secara optimal. Jika Anda merasa kepanasan di dalam mobil padahal AC sudah menyala, maka wajib memeriksa kondisi air radiator. 

    Saat air radiator habis maka mesin secara otomatis akan menghentikan putaran dari kompresor AC. Apalagi saat suhu mesin sudah mulai meningkat. Itulah mengapa AC jadi tidak bisa bekerja secara optimal. 

            2. Suara Mesin Kasar

    Tanda berikutnya adalah adanya suara kasar pada mesin mobil. Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan suhu pada mesin dan berpengaruh pada sistem pembakaran secara langsung. 

    Jika air radiator mencukupi maka sistem pembakaran akan berjalan normal. Suara yang ditimbulkan juga normal dan halus. Jadi saat mulai muncul suara kasar yang berbeda dari biasanya, langsung saja cek air radiator. 

            3. Indikator Temperatur Tinggi

    Tanda air radiator mobil habis berikutnya adalah indikator temperatur yang menunjukkan angka tinggi. Biasanya jarum pada indikator suhu mobil akan bergerak ke arah yang berwarna merah. 

            4. Keluar Uap dari Kap Mesin

    Saat air radiator habis maka suhu mesin akan meningkat. Kondisi ini bisa semakin parah jika tidak diatasi dan suhu yang ada di dalam kap mesin akan terus bertambah tinggi. 

    Pada akhirnya bisa muncul uap panas dari dalam kap mesin mobil tersebut. Hal ini juga bisa terjadi karena penguapan air radiator terlalu penuh. Bisa juga muncul uap karena ada selang radiator yang terlepas atau mungkin pecah. 

            5. Mesin Mobil Kurang Optimal

    Anda juga bisa memperhatikan performa mesin mobil. Jika air radiator habis maka performa mesin akan berkurang dan jadi tidak optimal. 

    Jika Anda merasa sudah menginjak gas lebih kencang tapi mobil tidak melaju sesuai ekspektasi, maka langsung saja lakukan pemeriksaan. Bisa jadi masalah muncul karena air radiator habis. 

    Cara Mencegah Air Radiator Mobil Cepat Habis