Berita

    Featured Image

    Tips Mengatasi Masalah Starter Mobil yang Bermasalah

    Saat sedang terburu-buru hendak berangkat kerja, ternyata starter mobil mengalami masalah. Mesin tidak mau menyala atau terdengar bunyi mendesing dari dalam mobil. Nah, ini biasanya disebabkan oleh dinamo starter yang mulai aus. 

    Dinamo starter dalam sebuah mobil memiliki peran yang penting, karena membantu efisiensi ketika menghidupkan mobil. Jika dinamo starter semakin melemah, maka akan sulit untuk menyalakan mobil. 

    Jika tidak segera ditangani, kerusakan bisa saja menyebar ke komponen mobil lainnya. Karena itu, penting untuk segera memperbaiki dinamo starter jika terjadi masalah pada saat menyalakan mesin mobil. Mari simak pembahasan berikut.

    Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil yang Rusak atau Lemah

    Tidak sulit untuk mengetahui dinamo starter yang rusak, karena ada ciri-ciri atau tanda akurat yang menunjukkan sebuah dinamo starter telah aus atau usang. Ciri-ciri yang bisa dikenali adalah:

    • Terdengar bunyi mendengung dan suara gemeretak. 
    • Mesin sulit di-starter dalam kondisi panas.
    • Lampu depan mobil mati secara mendadak.
    • Mobil tidak bereaksi saat di-starter.
    • Aki yang lemah atau soak.

    Terjadinya masalah pada dinamo starter tentunya bukan tanpa sebab. Hal itu bisa saja disebabkan karena dinamo yang dipaksa bekerja pada saat mesin tidak mau menyala yang mengakibatkan habisnya carbon brush serta kondisi aki mobil yang bermasalah.

    Freepik.com

    Nah, untuk mengatasi masalah pada starter mobil, Anda bisa coba melakukan langkah-langkah berikut ini:

    Lakukan Pemeriksaan pada Bagian Soket di Dinamo Starter

    Ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan jika Anda mendapati masalah pada dinamo starter, tetapi lampu indikator pada dashboard bisa menyala dan berkedip.

    • Lakukan pemeriksaan pada soket yang otomatis terdapat pada dinamo starter. Biasanya, ada kabel kecil yang terhubung ke dinamo starter.
    • Pastikan apakah kabel tersebut terlepas atau terputus.
    • Pada bagian relay-nya, terdapat sekering. Anda bisa memeriksanya dengan menyalakan starter relay, jika terdengar bunyi 'klek', kemungkinan kerusakannya bukan berasal dari sekering atau relay.
    • Jika permasalahan yang ditemukan terlalu parah, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi. Namun, jika dalam situasi darurat, Anda bisa memperbaikinya dengan cara mendorong mobil dari belakang sambil menyalakan mesin.