Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Mencuci Ruang Mesin Mobil dengan Tepat

    Mencuci ruang mesin mobil secara teratur merupakan bagian penting dari perawatan mobil secara keseluruhan. Namun saat mencuci bagian ini, penting untuk mengetahui cara mencuci yang benar agar air tidak masuk ke socket wiring hingga menyebabkan short circuit.

    Short circuit atau hubungan arus pendek merupakan kondisi terjadinya konsleting pada komponen kelistrikan mobil. Karena itu, pelajari bagaimana tips dan cara membersihkan area mesin mobil dengan tepat dan aman.

    Cara Mencuci Ruang Mesin Mobil dengan Benar

    Meskipun seringkali diabaikan oleh pemilik mobil, membersihkan ruang mesin secara teratur dapat membantu menjaga performa dan umur mesin mobil. Adapun panduan cara mencuci area mesin yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut.

    • Pilih Lokasi Mencuci yang Tepat

    Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mencuci ruang mesin adalah memilih lokasi yang tepat. Pilihlah tempat yang teduh dan tidak terkena sengatan matahari langsung, karena beberapa komponen mesin mudah memuai saat terkena panas.

    • Panaskan Mesin Mobil

    Beberapa kotoran yang menempel pada permukaan mesin mobil biasanya sulit dibersihkan jika mesin dalam keadaan dingin. Oleh karena itu, sebelum mencuci, panaskan mesin mobil Anda terlebih dahulu.

    Tidak perlu lama, cukup panaskan selama sekitar 5-15 menit agar kotorannya lebih mudah dibersihkan. Setelah itu, diamkan mesin sebentar agar suhu panasnya berkurang dan proses mencuci lebih aman.

    • Bersihkan Debu dan Kotoran Dahulu

    Sebelum mencuci secara menyeluruh menggunakan cairan, bersihkan terlebih dahulu debu dan kotoran ringan yang menempel pada permukaan mesin mobil. Gunakan kuas, sikat, lap, atau alat pembersih lainnya.

    Sebaiknya pakai kain lap khusus seperti chamois atau microfiber untuk menghindari goresan pada permukaan komponen mesin. Sebaliknya, hindari menggunakan kain yang kasar seperti handuk atau pakaian bekas.

    • Lepaskan Aki Mobil dari Ruang Mesin

    Untuk mencegah konsleting pada sistem listrik mobil, lepaskan aki mobil dari ruang mesin sebelum mencuci. Pastikan juga untuk tidak menyentuh dan mencuci kabel-kabel listrik atau komponen lainnya selama proses membersihkan.

    • Gunakan Cairan Pembersih Khusus

    Untuk mencuci ruang mesin mobil, sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus yang aman digunakan pada permukaan mesin mobil. Jangan lupa baca label pada kemasan dan ikuti instruksi penggunaan yang tertera.

    • Gunakan Steamer dan Sitrun