Berita

    Featured Image

    Ini Dia Cara Klaim Asuransi Mobil yang Terendam Banjir

    Ketika sudah masuk ke musim penghujan wilayah Jabodetabek dan kota-kota besar di Indonesia rawan terjadi banjir. Bagi Anda yang sering terjebak banjir sebaiknya pahami dulu cara klaim asuransi mobil ketika banjir untuk mengantisipasinya.

    Kota-kota besar di Indonesia rawan mengalami banjir sehingga sering kali menimbulkan masalah pada mesin mobil yang mana biaya perbaikannya cukup mahal. Tidak heran jika banyak orang memilih menggunakan asuransi mobil untuk berjaga-jaga jika mobilnya memerlukan perbaikan. 

    Cara Klaim Asuransi Mobil Ketika Banjir

    Sebenarnya melakukan klaim asuransi mobil bukanlah hal yang rumit namun terkadang banyak yang gagal mengajukannya. Pengajuan klaim yang ditolak biasanya disebabkan oleh beberapa alasannya, salah satunya karena tidak melampirkan persyaratan dengan lengkap.

    Supaya klaim kerusakan mobil yang Anda ajukan disetujui sebaiknya terapkan tips berikut. 

            1. Cek Polis Asuransi Anda 

    Sebelum mengajukan klaim, sebaiknya cek polis asuransi Anda terlebih dahulu. Baca dengan teliti dan pastikan bahwa polis asuransi mobil yang Anda beli memiliki proteksi terhadap kerusakan yang diakibatkan banjir. 

    Pasalnya, tidak semua polis asuransi mobil memiliki perlindungan kerusakan yang diakibatkan bencana banjir. 

    Biasanya di awal pembelian polis pihak agen asuransi menawarkan manfaat perluasan atau rider yang bisa dipilih sesuai keinginan nasabah, salah satunya proteksi dari bencana banjir. 

            2. Menghubungi Pihak Asuransi

    Selanjutnya Anda harus menghubungi pihak asuransi, sebaiknya jangan menundanya karena semakin cepat Anda melakukan koordinasi maka semakin cepat pula penanganannya. 

    Batas waktu maksimal pengajuan klaim asuransi mobil umumnya adalah 3x24 jam jadi pastikan tidak melebihi batas waktu tersebut. 

    Bahkan ada beberapa produk asuransi yang menawarkan layanan penjemputan ketika mobil terjebak banjir. Sehingga nasabah dapat langsung menghubungi pihak asuransi untuk meminta bantuan. 

            3. Menyiapkan Bukti

    Ketika melakukan pengajuan klaim asuransi mobil ketika banjir Anda harus menyiapkan beberapa berkas sebagai persyaratannya. Untuk mendapatkan bukti bahwa mobil Anda benar-benar terjebak banjir sebaiknya dokumentasikan momen tersebut. 

    Jika tidak sempat merekam atau mengambil gambar ketika mobil sedang terjebak banjir. Anda dapat meminta rekaman CCTV dari pihak terkait untuk dijadikan sebagai bukti.