Berita

    Featured Image

    Kenali Cara Membuat Kopling Mobil Enteng dan Nyaman!

    Dalam berkendara kopling mobil memiliki peranan yang penting, terutama jika mobil Anda adalah tipe mobil manual. Saat terjebak kemacetan tentu Anda perlu sering mengganti gigi pada mobil. Tentu jika kopling mobil enteng Anda tidak akan masalah dengan itu.

    Namun, jika kopling mobil terasa berat dan sulit saat akan melakukan perpindahan gigi, tentu ini akan membuat Anda sebagai pengemudi tidak akan terasa nyaman dan mungkin bertambah lelah karena harus mengeluarkan tenaga lebih untuk melakukan perpindahan gigi.

    Oleh karena itu Anda perlu melakukan perawatan dengan benar supaya kopling mobil Anda tidak bermasalah dan Anda pun bisa berkendara dengan nyaman. Simak ulasan berikut hingga akhir untuk mengetahui cara menjaga kopling mobil supaya tetap enteng.

    Inilah Cara Untuk Membuat Kopling Mobil Enteng Kembali

    Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kopling mobil selalu terasa enteng:

    • Beri Minyak Pada Kopling Mobil

    Memberikan minyak pada kopling mobil secara berkala dapat membuat kopling Anda terasa enteng setiap saat. Hal ini karena gesekan yang terjadi antar komponen berkurang karena telah terlumasi oleh minyak.

    Kapan saat mengganti minyak pada kopling yang tepat? Anda bisa mengganti minyak pada kopling ketika kopling mulai terasa berat. Kami juga menyarankan supaya Anda menggunakan minyak mobil yang berkualitas bagus.Lakukan Penyetelan Pada Pedal Kopling Mobil

    Cara selanjutnya untuk membuat kopling mobil enteng yaitu melakukan penyetelan pedal kopling mobil dengan benar. Anda bisa melakukan pengaturan kopling dengan menggunakan kunci pas ukuran 10 atau 12.

    Anda bisa menyesuaikannya dengan mengatur ketinggian kopling dan bisa mengaturnya untuk gerak bebas. Penyetelan yang tepat membuat kopling pada mobil Anda akan terasa enteng dan nyaman saat digunakan.

    • Ganti Kabel Kopling Saat Terjadi Kerusakan

    Supaya kopling mobil terus terasa enteng dan nyaman saat digunakan, Anda harus rajin melakukan pengecekan. Hal ini bertujuan supaya Anda tahu apakah ada kerusakan kopling mobil.

    Seperti kabel kopling yang kotor, plastik pecah, hingga adanya karat pada kopling mobil. Hal itu bisa membuat kinerja kopling mobil Anda tidak maksimal dan Anda harus segera melakukan perbaikan.

    Yaitu dengan mengganti kabel pada kopling mobil jika ada masalah pada kabelnya. Anda juga bisa mengganti kopling set mobil jika kopling mobil terasa aus. Menggunakan kopling set yang baru akan membuat kopling mobil Anda enteng.

    Kenali Penyebab Kopling Terasa Berat