Berita

    Featured Image

    Simak Perlengkapan Pembersih Mobil yang Wajib Anda Miliki

    Pencucian mobil penting untuk dilakukan secara berkala, tentu saja agar kondisi fisiknya tetap terjaga dan bersih dari berbagai kotoran seperti noda, debu, hingga karat. Maka, dibutuhkan perlengkapan pembersih mobil khusus agar hasilnya lebih bersih maksimal.

    Pasalnya, membersihkan mobil sendiri tentu akan lebih ekonomis dibandingkan datang ke tempat jasa pencucian. Oleh karena itu, kenali apa saja bahan dan peralatan pembersih mobil yang perlu Anda lengkapi.

    Berikut Perlengkapan Pembersih Mobil yang Wajib Anda Miliki

    Agar hasilnya bersih maksimal, ada beberapa perlengkapan yang perlu dimiliki untuk mencuci mobil. Mulai dari kain lap pembersih hingga semir khusus ban, berikut ini berbagai perlengkapannya:

    • Lap Pembersih

    Kain lap digunakan untuk membersihkan bagian luar mobil seperti bagian cat dan kaca. Hindari menggunakan kain atau handuk yang permukaannya kasar agar cat mobil tidak tergores.

    Sebaiknya, gunakan lap khusus seperti kanebo atau lap mikrofiber. Kanebo adalah sejenis lap yang mampu menyerap air sehingga berfungsi untuk mengeringkan, sedangkan mikrofiber adalah jenis kain dengan serat yang sangat halus.

    • Pembersih Kaca

    Selain menggunakan lap, sebaiknya gunakan pula pembersih kaca khusus, misalnya pembersih kaca portable yang dapat membersihkan bagian yang tampak buram. Ini penting untuk mencegah timbulnya jamur atau bercak air pada permukaan kaca.

    • Kuas dan Sikat

    Khusus bagian interior, Anda membutuhkan kuas dan sikat khusus yang lembut. Perlengkapan pembersih mobil ini sangat membantu untuk membersihkan bagian seperti karpet, dasbor, dan jok mobil yang sulit dijangkau oleh kain lap biasa.

    • Vacuum Cleaner

    Selain kuas dan sikat, bagian interior juga butuh dibersihkan secara mendalam menggunakan penghisap debu atau vacuum cleaner. Sebaiknya, gunakan jenis vacuum cleaner portable dan operasikan dengan hati-hati agar tidak merusak interior.

    • Spray Pembersih Jok Mobil

    Perlengkapan selanjutnya adalah spray untuk membersihkan jok mobil. Jenis spray bisa diperoleh dari toko keperluan otomotif, dan memiliki formulasi khusus yang mampu membersihkan noda membandel pada bahan jok.

    • Sampo atau Cairan Pembersih Khusus

    Jangan lupa juga untuk menyiapkan cairan pembersih khusus, misalnya sampo khusus mobil. Hindari menggunakan sabun atau cairan pembersih lain secara sembarangan karena formulasinya berbeda dan berpotensi merusak lapisan cat eksterior.

    • Semir Ban