Berita

    Featured Image

    Pentingnya Merawat Kaca Depan Mobil: Keselamatan dan Klaritas Pandangan

    Kaca depan mobil merupakan komponen penting yang perlu diperhatikan dan dirawat dengan baik. Komponen tersebut menjadi sangat vital karena berdampak bagi keselamatan dan klaritas pandangan.

    Dengan kaca mobil yang terawat, maka kemudi akan lebih mudah dilakukan. Kondisi jalanan dan berbagai situasi sekitar lainnya dapat terlihat lebih jelas.

    Cara Merawat Kaca Depan Mobil

    Demi tetap menjaga keselamatan dan keamanan berkendara, maka pastikan Anda melakukan berbagai jenis perawatan supaya dapat menjaga kaca mobil. Berikut merupakan cara-cara perawatan yang dapat Anda perhatikan dan lakukan.

    1. Pastikan Menjaga Kebersihan Kaca Depan

    Kaca bagian depan mobil terbilang cukup luas, sehingga cukup mudah untuk terkena berbagai debu dan kotoran. Misalnya, ketika terkena cipratan air, angin kencang, dan hujan.

    Jika kaca depan mobil sudah terkena kotoran, maka sebaiknya segera dibersihkan. Terlalu lama menunda pembersihan kaca dapat membuat nodanya sulit untuk hilang.

    Kotoran yang ada di kaca depan, dapat mengganggu penglihatan pengemudi, sehingga jangan sampai hal tersebut diabaikan.

    Pembersihan kaca juga sebaiknya dilakukan secara rutin, karena debu bisa saja menempel di kaca meski mobil tidak digunakan.

    iStock

    2. Bersihkan Kaca Menggunakan Lap Lembut dan Bersih

    Sebelumnya, telah dijelaskan betapa pentingnya menjaga kebersihan kaca mobil bagian depan. Untuk membersihkan kaca mobil, Anda dapat menggunakan lap basah.

    Namun, perlu diperhatikan juga kondisi dari lap yang dipakai. Supaya dapat menjaga kondisi dan kualitas dari kaca mobil, maka disarankan untuk menggunakan lap yang lembut dan bersih.

    Jika memakai lap kasar, maka dapat menimbulkan risiko timbulnya goresan pada kaca. Selanjutnya, jika lap yang dipakai masih berada dalam kondisi kotor, maka kotoran pada lap tersebut justru bisa membuat kaca mobil semakin kotor.

    3. Jangan Lupa Langsung Keringkan jika Basah

    Jika kaca mobil Anda basah dan tidak segera dikeringkan, maka ada berbagai risiko yang mungkin timbul. Sebagai contoh, kaca mobil bisa saja menjadi berjamur.

    Maka dari itu, jika kaca basah setelah mobil dicuci atau karena terkena air hujan, pastikan untuk segera mengeringkannya. Namun, jika kaca mobil sudah terlanjur ditumbuhi jamur, maka Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus.