Berita

    Featured Image

    Ketahui Tips Memilih Ban Mobil yang Benar

    Ban mobil adalah salah satu komponen utama mobil yang mempengaruhi kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik kendaraan untuk mengetahui cara memilih ban mobil yang sesuai.

    Apalagi saat ini, semakin banyak jenis ban mobil yang tersedia di pasaran. Meskipun sekilas tampak sama, tapi masing-masing jenis ban tersebut memiliki fungsi penggunaan berbeda sesuai dengan kondisi medannya.

    Supaya Lebih Awet, Ketahui Tips Memilih Ban Mobil Berikut

    Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan dalam memilih ban yang sesuai untuk mobil Anda. Sebagai referensi, 6 tips berikut ini patut dicoba:

    • Pilih Sesuai Kebutuhan

    Sebelum membeli ban mobil, kenali dahulu kebutuhan dan kebiasaan berkendara Anda. Jika sering melewati jalan berlumpur, berbatu, atau kondisi medan yang sulit lainnya, maka Anda bisa memilih ban khusus offroad seperti M/T (Mud Terrain).

    Contoh lain, khusus daerah banjir umumnya ban dengan tipe A/T (All Terrain) lebih sesuai. Sebaliknya, saat berkendara di jalanan yang mulus Anda perlu menghindari jenis ban M/T atau sejenisnya karena akan terasa licin dengan daya cengkeram lemah.

    • Pilih Berdasarkan Motif atau Desain Alur

    Salah satu cara memilih ban adalah dengan melihat motif, pola, atau alur guratannya. Guratan di permukan ban dapat membantu memperbesar gesekan ban dengan jalan. Sebab semakin kecil gesekannya, resiko tergelincir juga semakin besar.

    • Pilih Sesuai Tipe Mobil

    Saat membeli mobil, Anda dapat melihat jenis ban yang sesuai dengan tipe mobil dengan cara mengecek rekomendasi produsen. Pasalnya, setiap kendaraan tentu memiliki standar komponen dan spare part khusus dari setiap pabrikan.

    Umumnya, Anda bisa mengecek ban yang sesuai dengan tipe mobil melalui buku petunjuk penggunaan. Selain itu, beberapa jenis mobil juga mengukir tipe ban pada bagian plakat laci, pintu kendaraan, atau di dekat tutup tangki bahan bakar.

    Biasanya, tipe ban mobil tersebut tercatat dalam bentuk kode kombinasi khusus. Sebagai contoh untuk kode berawalan P, artinya ban tersebut didesain untuk mengangkut passenger atau penumpang.

    Contoh kode lainnya adalah LT (Light Truck) atau truk kecil, yang fungsi penggunaannya adalah mengangkut muatan barang. Selain itu ada pula kode ST (Special Trailer), kode T (Temporary) untuk ban serep, dan lain sebagainya.

    • Pilih Sesuai Ukuran dan Ketebalan