Berita

    Featured Image

    Modifikasi Mobil Ini Malah Bisa Bikin Bahaya

    Modifikasi mobil memang kegiatan paling seru yang dapat Anda lakukan apabila Anda merupakan seorang pemilik mobil. Demi mendapatkan tampilan mobil yang lebih estetik, banyak orang yang melakukan modifikasi.

    Namun, apakah memodifikasi kendaraan secara berlebihan itu perlu? Bahkan, jika Anda melakukan modifikasi kendaraan tanpa tahu fungsinya, malah berakibat membahayakan Anda dan mobil.

    Simak artikel berikut ini sampai akhir untuk mengetahui apa saja modifikasi kendaraan yang berbahaya bagi mobil!

    5 Daftar Modifikasi Mobil yang Justru Membahayakan

    Apabila Anda tidak puas dengan kondisi mobil bawaan pabrik dan ingin melakukan modifikasi, sebaiknya pikirkan baik-baik terlebih dahulu! Karena ada beberapa modifikasi yang justru membuat kinerja mobil tidak optimal dan bahkan membahayakan beberapa komponen mobil.

    Apa saja jenis modifikasi kendaraan yang justru menimbulkan bahaya? Simak daftarnya berikut ini:

    • Modifikasi Ground Clearance

    Anda mungkin pernah melihat mobil yang dimodifikasi menjadi ceper atau merendahkan komponen ground clearance. Dari segi tampilan, mungkin terlihat menarik. Tapi, ternyata modifikasi ini tidak perlu dilakukan dan justru berbahaya.

    Alasannya, modifikasi kendaraan agar lebih ceper daripada produksi pabrikan akan mengganggu pengemudi lain dan berbahaya bagi Anda.

    Terutama di jalanan yang berlubang atau ketika melewati markah kejut/polisi tidur. Karena mobil yang lebih ceper biasanya sering mengalami gesekan berlebih ketika melewati medan jalanan seperti itu.

    • Kaca Film Terlalu Gelap

    Ketika Anda memiliki mobil, tentu butuh privasi yang dijaga dan hal tersebut dapat dilakukan dengan memasang kaca film. Modifikasi mobil dengan memasang kaca film untuk seluruh komponen kaca sangat umum dilakukan.

    Namun, Anda juga disarankan untuk tidak memodifikasi kaca film terlalu gelap karena dapat membahayakan Anda. Selain itu, memasang kaca film yang kegelapannya lebih dari 70% akan dikenakan sanksi oleh polisi.

    • Mengganti Pelek Ban Tidak Sesuai Ukuran

    Modifikasi kendaraan yang bukan membuat keren dan justru membahayakan berikutnya adalah mengganti pelek (velg) ban tidak sesuai ukurannya. Mungkin menurut Anda, pelek ban produksi pabrikan tidak menarik, makanya perlu adanya modifikasi.

    Mengganti Pelek Ban Tidak Sesuai UkuranPixabay

    Seringnya, orang akan mengganti pelek ban dengan ukuran yang lebih besar. Padahal, mengganti pelek ban yang tidak sesuai ukuran mobil justru akan berbahaya.

    Anda akan merasakan kurang nyaman dalam berkendara apabila pelek ban dimodifikasi sembarangan. Selain itu, mesin mobil akan cepat rusak dan bahan bakar jadi lebih boros karena beban berat mobil yang bertambah.

    • Memasang Bull Bar

    Pemasangan aksesoris bull bar biasanya dilakukan oleh pemilik mobil untuk memodifikasi kendaraannya agar lebih menarik. Padahal kenyataannya, pemasangan komponen ini tidak perlu sama sekali dan justru berbahaya.

    Mengapa? Karena pemasangan bull bar tambahan pada bumper mobil akan berdampak memperparah kondisi mobil jika kecelakaan terjadi.

    Pakar mengatakan bahwa bull bar yang diproduksi oleh pabrik sudah memenuhi standar material untuk mengurangi risiko kecelakaan. Jadi, jika Anda menambahkan komponen bull bar lagi malah membuat semakin berbahaya.

    Deretan modifikasi mobil di atas sudah tidak perlu lagi dilakukan karena berisiko membahayakan Anda dan berdampak buruk bagi mobil. Maka dari itu, sebaiknya Anda memodifikasi kendaraan sewajarnya saja.