Berita

    Featured Image

    Jenis-Jenis Kaca Mobil dan Cara Perawatannya

    Kaca mobil menjadi bagian penting yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan sekaligus keamanan dalam berkendara. Sangatlah penting untuk memastikan bagian satu ini selalu dalam kondisi yang baik sehingga berkendara jadi lebih aman. 

    Meskipun terdengar sepele, namun perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis kaca yang berbeda untuk digunakan pada mobil Anda. Mari cari tahu apa saja jenis kaca tersebut dan seperti apa cara perawatannya!

    Jenis-Jenis Kaca Mobil

    Banyak pengguna mobil yang mungkin menganggap bahwa semua jenis kaca untuk kendaraan sama, padahal sebenarnya ada beberapa jenis berbeda. Berikut adalah beberapa jenis kaca yang biasa dipasang di mobil:

    • Tempered

    Pertama ada jenis kaca tempered yang disebut-sebut sebagai kaca terkuat dan memiliki kualitas sangat bagus untuk mobil. Kaca jenis ini punya kekuatan 5 kali lebih besar daripada lainnya dan memiliki kode TP (TEMPERLITE).

    Umumnya jenis kaca tempered punya ketebalan sampai 5mm dan bisa tahan terhadap benturan sampai 1500 kg/cm2. Tekstur dari kaca ini sangat keras dan biasanya akan dipakai di bagian belakang maupun samping mobil. 

    • Partially Tempered

    Selanjutnya ada jenis kaca partially tempered dengan kode pabrik ZONELITE atau Z. Jenis kaca ini menggunakan kaca tempered di bagian tengah lalu di bagian tepinya memakai jenis kaca yang lain. 

    Dari segi harga, jenis kaca ini jauh lebih terjangkau daripada kaca tempered. Tujuan pembuatannya adalah untuk mencegah kerusakan menyeluruh saat kaca terbentur sehingga masih ada titik pandang untuk pengguna mobil. 

    • Laminated

    Jenis kaca berikutnya adalah kaca laminated yang juga dikenal memiliki kekuatan sangat baik dalam menahan benturan. Jenis kaca ini dipasarkan dengan kode LP atau LAMISAFE. 

    Biasanya kaca laminated digunakan pada bagian depan mobil atau di area windshield. Perlu diketahui bahwa jenis kaca ini lebih mudah retak dan jika ada titik retak akan lebih mudah menjalar ke semua bagian permukaan kaca. 

    Cara Perawatan Kaca Mobil

    perawatan kaca mobilPexels.com

    Bagian kaca ini sangat penting untuk mobil Anda. Jadi, pastikan Anda melakukan langkah perawatan yang tepat. Berikut adalah beberapa langkah perawatan kaca yang terpasang di bodi mobil Anda:

    • Bersihkan secara Rutin

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kaca secara rutin. Pembersihan kaca ini dilakukan untuk menjaga permukaannya agar selalu bersih, terbebas dari tumpukan debu dan kotoran sehingga tidak muncul jamur. 

    • Lakukan Pemeriksaan Karet Wiper

    Khusus bagian kaca depan dan belakang yang terpasang wiper, pastikan Anda selalu mengecek kondisi karet wiper yang digunakan. Karet wiper yang sudah aus ternyata bisa merusak permukaan kaca dan menyebabkan goresan. 

    Lebih baik cek secara rutin dan ganti karet wiper yang sudah aus dengan yang baru agar tidak terjadi kerusakan pada bagian kaca. Jangan sampai Anda tidak menyadari kerusakan pada karet wiper dan kaca terlanjur rusak.

    • Jaga Kaca dalam Kondisi Kering

    Sebaiknya jaga kaca dalam kondisi kering sebisa mungkin. Misalnya setelah mobil dicuci, Anda bisa langsung mengeringkan bagian kaca memakai lap. Begitu juga setelah mobil dipakai untuk berkendara di tengah hujan. 

    Jangan lupa, gunakan lap yang benar-benar bersih. Lap yang kotor dan justru akan membuat permukaan kaca tergores. Selain itu, akan jauh lebih baik jika permukaan lap memiliki tekstur yang lembut.