Berita

    Featured Image

    Ini Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

    Mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan sebenarnya hal yang normal saja. Namun apabila getaran tak kunjung berhenti, maka bisa jadi ada indikasi dari mobil Anda. Seperti kerusakan komponen pada mobil.

    Anda bisa menandai getaran ini pada beberapa kali percobaan. Supaya bisa dipastikan getaran ini memang karena ada kerusakan tertentu. Baru setelah itu Anda bisa mencari tahu penyebabnya.

    Alasan Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

    Memiliki kendaraan artinya Anda harus peka dengan kondisinya. Salah satunya jika menyadari ada getaran pada mesin saat menyalakan AC. 

    Penting untuk segera memeriksa dan mengatasi masalah ini, karena getaran yang berlebihan dapat merusak komponen-komponen lain dalam kendaraan. Kira-kira apa penyebabnya? Berikut ulasan singkatnya:

    • Idle Control Valve (ICV) Rusak atau Kotor

    ​​Idle up pada mobil adalah fitur atau mekanisme yang secara otomatis meningkatkan putaran mesin saat kendaraan berhenti atau berada dalam keadaan idle (tanpa bergerak). 

    Fitur ini dirancang untuk menjaga kinerja mesin dan sistem listrik kendaraan dalam berbagai kondisi. Seperti saat menggunakan AC. Nah sistem ini dikendalikan oleh Idle Control Valve (ICV), juga dikenal sebagai Idle Air Control Valve (IACV). 

    Jika ICV rusak atau kotor, aliran udara yang tidak stabil dapat menyebabkan mesin bergetar saat AC dinyalakan.

    • Kompresor AC Rusak

    Komponen yang satu ini sangat penting dalam sistem AC mobil. Fungsinya untuk mengkompres dan menyebarkan refrigeran pada sistem pendingin mobil. Apabila mengalami masalah atau rusak, maka kinerjanya akan lebih besar dan berat. 

    Sehingga menyebabkan getaran pada mesin saat AC dinyalakan. Getaran akan berlangsung secara terus menerus dan mengganggu Anda.

    • Masalah pada Sabuk Kipas atau Sabuk Alternator

     

    Pexels

    Penyebab mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan berikutnya melibatkan belt AC atau sabuk yang ada pada sistem pendingin. Sabuk yang kendor atau rusak pada sistem kipas atau alternator dapat mempengaruhi kinerja mesin dan menyebabkan getaran saat AC dinyalakan.

    Anda harus segera melakukan penggantian apabila ini terjadi. Sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel supaya segera ditangani oleh teknisi yang profesional dan berpengalaman.

    • Radiator Fan Bermasalah