Berita

    Featured Image

    Ini Alasan Kenapa Lampu Kabin Mobil Harus Dimatikan Di Malam Hari

    Ketika mengemudi mobil pada malam hari, tentu Anda ingin mendapatkan penglihatan sebaik mungkin. Maka dari itu, semua pencahayaan pun harus maksimal. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada lampu kabin mobil.

    Justru, lampu pada kabin mobil wajib dimatikan ketika Anda berkendara pada malam hari. Bagi Anda yang masih sering menyalakan lampu di kabin mobil, simak pembahasan berbagai alasan mengapa lampu di kabin mobil wajib dimatikan pada malam hari.

    5 Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Mati Saat Malam Hari

    Untuk sebagian pengendara, mungkin akan terasa lebih nyaman ketika lampu kabin di dalam kabin mobil menyala. 

    Tetapi, ternyata menyalakan lampu di dalam kabin tidak dianjurkan. Simak alasan Anda wajib mematikan lampu dalam kabin mobil berikut ini:

    • Mengganggu Pengemudi Lain

    Alasan paling utama mengapa Anda wajib mematikan lampu pada kabin mobil saat malam hari adalah terganggunya konsentrasi pengemudi lain. Hal ini dapat membahayakan pengemudi lain dan dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

    Teknisnya, jika malam hari pandangan pengemudi adalah pada jalan raya. Namun jika Anda menyalakan lampu kabin maka pengendara lain akan teralihkan konsentrasinya. Maka dari itu, wajib bagi Anda untuk mematikan lampu pada kabin mobil saat malam hari.

    • Menjaga Pandangan Pengemudi

    Jika alasan pertama Anda wajib memikirkan konsentrasi pengemudi lain, maka selanjutnya Anda wajib memikirkan konsentrasi Anda sendiri. Mematikan lampu kabin mobil dimalam hari adalah hal wajib yang bertujuan untuk menjaga konsentrasi Anda dalam mengemudi.

    Ketika lampu pada kabin dalam mobil menyala, maka konsentrasi mata Anda dalam mengemudi akan terpecah. Kemampuan penglihatan Anda akan terganggu karena lampu kabin di dalam menyala dan tidak dapat menyesuaikan diri dengan intensitas cahaya di jalan raya.

    • Membuat Boros Aki

    Menyalakan lampu pada kabin mobil pada malam hari dapat berpotensi menghabiskan aki Anda. Terlebih lagi jika Anda menyalakan lampu selama perjalanan Anda pada malam hari. Lampu kabin yang dinyalakan terus-menerus dapat berpengaruh pada komponen kelistrikan aki.

    Maka dari itu, sebaiknya Anda lebih bijak untuk menggunakan lampu kabin dalam mobil. Jangan sampai mobil Anda bermasalah pada bagian aki karena faktor satu ini. 

    • Menjaga Privasi Pengemudi