Berita

    Featured Image

    Tips Merawat Sistem Kelistrikan Mobil

    Sistem kelistrikan mobil bisa saja mengalami masalah jika tidak dirawat dengan benar. Jika terjadi kerusakan dari sistem kelistrikan, berbagai gangguan dapat terjadi.

    Mulai dari gangguan kecil seperti tidak menyalanya radio, hingga masalah yang bisa menyebabkan mobil terbakar, perlu diwaspadai. Oleh sebab itu, penting untuk selalu merawat sistem kelistrikan dengan baik.

    Tips Merawat Sistem Kelistrikan Mobil Anda

    Untuk berbagai bagian yang berhubungan dengan kelistrikan, perlu Anda perhatikan dan rawat dengan baik supaya tidak terjadi kerusakan. Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk merawatnya dengan baik.

    • Periksa Aki secara Rutin

    Kondisi aki mobil perlu diperiksa secara rutin, begitu pula dengan bagian kabelnya. Sebaiknya Anda memeriksa kedua bagian tersebut sebulan sekali. Pastikan tidak ada kerak atau karat di bagian tersebut.

    Level cairan aki juga perlu diperiksa secara rutin. Jika air aki berada di level yang minimal, maka sel di dalamnya mudah rusak. Akibatnya, aki menjadi susah untuk menyimpan daya listrik yang digunakan mobil.

    Air aki juga tidak boleh berlebihan, karena bisa saja tersembur keluar. Uap yang korosif juga bisa ikut tersembur.

    • Lihat dan Periksa Kabel serta Soket Listrik

    Hal kedua yang penting untuk diperiksa adalah bagian kabel dan soket listrik. Anda perlu memperhatikan kondisi dari berbagai kabel, seperti kabel distributor, kabel busi, dan sebagainya yang berada di bagian ruang mesin.

    Di bagian aki, kabel beserta soketnya sangat penting untuk menjadi perhatian Anda. jika ada lapisan yang terkelupas atau mungkin sobek, dapat sangat berisiko.

    Hal tersebut bisa saja menimbulkan terjadinya arus pendek. Arus pendek tersebut, dampak terbesarnya, bisa membuat mobil terbakar dengan sendirinya.

    Anda perlu membersihkan bagian siket supaya tidak ada karat atau kerak yang menumpuk. Jika terlihat kurang kencang, maka perlu dikencangkan.

    • Periksa Bagian Kabel di Dalam Kap Mobil

    Anda perlu memeriksa kondisi dari berbagai kabel dalam mobil, terlebih untuk bagian kap mobil. Hal ini menjadi penting mengingat kabel adalah penghubung dari arus listrik yang ada pada mobil Anda.

    Jika ada kerusakan, maka perlu segera diganti dengan yang baru. Kerusakan yang dibiarkan dapat menimbulkan terjadinya korsleting dan berbahaya bagi pengendara.

    • Jangan Memakai Piggyback yang Tidak Dibutuhkan