Berita

    Featured Image

    Tips Merawat Mobil di Rumah agar Tetap Awet dan Nyaman

    Jika Anda merupakan pemilik mobil, terlebih jika memiliki lebih dari satu buah, maka sebaiknya perhatikan cara-cara tepat untuk merawatnya. Ada berbagai tips merawat mobil yang bisa Anda ikuti, supaya tetap awet serta nyaman untuk dikendarai.

    Baca penjelasan berikut untuk mengetahui tips lebih lengkapnya dan pastikan mobil Anda selalu berada dalam kondisi terbaiknya!

    Tips Merawat Mobil

    Inilah berbagai tips untuk Anda, silakan baca dan lakukan demi menjaga kondisi mobil. Dengan mobil yang terawat, maka perjalanan pun akan lebih aman dan nyaman.

    • Pastikan Kebersihan Terjaga

    Dalam merawat mobil, hal penting yang tidak boleh dilupakan yaitu menjaga kebersihannya. Pastikan Anda menjaga supaya setiap bagian mobil tetap berada dalam kondisi bersih, baik interior maupun eksteriornya.

    Buatlah jadwal rutin untuk mencuci mobil, misalnya 2-4 minggu sekali. Namun, jika mobil sudah terlihat kotor, misalnya setelah berkendara di musim hujan, sebaiknya segera dicuci.

    • Pastikan Lampu dalam Kondisi Baik

    Kedua, Anda perlu memeriksa dan memastikan kondisi dari lampu mobil. Komponen ini memiliki fungsi yang sangat vital dalam menjaga keamanan dan keselamatan berkendara.

    Maka dari itu, pastikan bahwa semua jenis lampu mobil dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Tidak hanya lampu depan, melainkan lampu lainnya, misalnya lampu rem, lampu kabut, lampu sein, dan lain-lain.

    Jika ada yang sudah tidak berfungsi secara normal, segera lakukan perbaikan atau penggantian.

    • Periksa Bagian Ban Mobil

    Tips merawat mobil yang ketiga yaitu jangan lupa untuk memeriksa ban mobil. Pastikan bahwa ban mendapatkan tekanan yang tepat, tidak terlalu kecil ataupun besar.

    Unsplash.com

    Jika tekanan udaranya kurang, maka ban mobil akan mengempis dan bisa menyebabkan berbagai masalah keselamatan jika digunakan.

    Selanjutnya, penting juga untuk melakukan penggantian ban jika sudah habis masa pakainya atau jika sudah tidak berada dalam kondisi bagus.

    • Periksa Oli Mesin

    Selanjutnya, jangan lupa untuk memeriksa kondisi oli mesin. Jika sudah habis masa pakainya, atau jika sudah ada tanda perlu diganti, maka jangan tunda untuk melakukan penggantian.

    Jika Anda terlalu lama menunda penggantian oli, maka bisa saja mobil akan mengalami berbagai jenis kerusakan yang serius.

    • Periksa dan Bersihkan Aki Mobil

    Komponen selanjutnya yang juga perlu diperiksa secara rutin yaitu aki mobil. Pemeriksaan ini menjadi penting supaya Anda dapat memastikan bahwa aki mobil berada dalam kondisi baik dan aman untuk menjalankan fungsinya.

    Jika ada kotoran atau zat kontaminasi, maka Anda perlu membersihkan aki mobil. Misalnya, jika ada korosi, debu, kotoran membandel, dan sebagainya.

    • Pastikan Wiper dalam Kondisi Baik

    Wiper merupakan komponen penting yang sangat berguna untuk menjaga keselamatan ketika Anda berkendara. Tidak hanya keselamatan pengendara dan penumpang, melainkan juga keselamatan dari pengguna jalan lainnya.

    Fungsi wiper akan lebih terasa ketika sudah memasuki musim hujan, karena komponen ini akan menyapu air yang menutup kaca depan mobil.

    Karena memiliki fungsi vital, maka perawatannya pun perlu diperhatikan dengan baik. Jadi, pastikan Komponen ini selalu berada dalam kondisi yang baik serta fungsinya bisa berjalan lancar.

    Jika sudah terlihat tanda kerusakan, maka sebaiknya Anda segera memperbaikinya. Misalnya untuk bilah wiper, Anda perlu menggantinya jika sudah mulai tidak berfungsi optimal.

    Namun, jika masih terlihat bagus pun, bilah wiper sebaiknya tetap diganti secara rutin, umumnya setiap 6-12 bulan sekali.

    Itulah berbagai tips yang bisa Anda lakukan di rumah untuk merawat mobil kesayangan. Tentunya, perawatan ini menjadi penting untuk menjaga supaya mobil tetap awet dan seluruh komponennya dalam kondisi yang prima.