Berita

    Featured Image

    Masalah yang Biasa Terjadi pada Lampu Mobil

    Lampu merupakan komponen yang penting bagi kendaraan roda empat. Sayangnya, lampu mobil bisa mengalami berbagai masalah sehingga tak bisa berfungsi dengan baik.

    Itulah mengapa masalah-masalah pada lampu tersebut harus diatasi oleh para pemiliknya. Dengan demikian, mengendarai mobil pun menjadi lebih aman. Jangan lewatkan ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya!

    Masalah pada Lampu Mobil

    Lampu pada kendaraan roda empat bisa menyala karena adanya sistem dan berbagai komponen pendukung. Itulah mengapa ada berbagai kemungkinan masalah yang terjadi jika lampu tak bisa berfungsi dengan semestinya. Berikut di antaranya:

    • Sekring Putus

    Salah satu penyebab masalah pada lampu kendaraan roda empat adalah putusnya sekring. Umumnya, sekring berada di dekat kemudi atau bagian bawah lampu.

    Oleh sebab itu, pastikan kondisi sekring jika lampu tak mau menyala. Jika memang putus, sekring bisa diperbaiki dengan melilitkan serabut kabel ke terminal. Setelah itu, sekring tersebut bisa dipasang lagi.

    • Reflektor Kotor

    Salah satu komponen yang penting pada lampu mobil adalah reflektor. Fungsinya untuk memancarkan cahayanya sehingga terasa lebih terang akibat menyebar dan melebar.

     

    Reflektor Kotor

    Unsplash.com

    Sayangnya, reflektor bisa kotor karena berbagai alasan, seperti cuaca, kotoran, perbedaan suhu lampu, dan lain sebagainya. Hal ini bisa membuatnya bekerja secara tak maksimal sehingga lampu pun redup.

    • Relay Rusak

    Komponen lain yang tak kalah penting bagi lampu kendaraan roda empat adalah relay. Fungsinya untuk menjaga agar daya listrik tetap stabil, termasuk lampu itu sendiri.

    Ada dua rangkaian relay yang bisa ditemukan pada lampu kendaraan roda empat. Salah satunya adalah relay yang menjadi arus listrik utama pada lampu. Kontak relay ini bisa longgar dan rusak sehingga mempengaruhi sinar lampu.

    • Listrik Tidak Stabil

    Tegangan listrik mobil bisa mengalami ketidakstabilan. Hal ini bisa membuat filamen lampu putus akibat cepat panas sehingga tak bisa bersinar dengan semestinya.

    Oleh sebab itu, Anda bisa mengecek kestabilan tegangan listrik jika lampu tidak menyala. Caranya dengan menggunakan voltmeter atau multimeter. Jika hasilnya naik turun, maka tegangan listrik mobil tidak stabil.

    • Lampu yang Tidak Berkualitas

    Para pemilik mobil sering tergoda dengan harga bola lampu yang lebih murah. Padahal, bola lampu murah ini bisa jadi tidak terjamin kualitasnya sehingga bisa membuatnya cepat rusak.

    Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan bola lampu yang dipakai. Lebih baik untuk menggunakan bola lampu dengan harga lebih mahal tetapi mempunyai kualitas baik sehingga umurnya pun lebih lama.

    • Lampu Tidak Terpasang dengan Benar

    Terkadang lampu tidak terpasang dengan benar. Biasanya hal ini terjadi karena adanya human error atau keteledoran pemasangnya. Selain itu, bisa saja lampu tak sengaja tersentuh sehingga membuatnya kendor.

    Jika hal ini terjadi, Anda hanya perlu mengencangkannya saja agar terpasang dengan benar. Jangan lupa untuk membersihkan area pemasangan agar lampu tidak kendor.

    • Switch Leleh

    Switch adalah salah satu komponen yang juga penting. Fungsinya adalah untuk menyalakan maupun mematikan lampu tersebut sehingga bisa dikendalikan sesuai kebutuhan.

    Sayangnya, switch lampu bisa meleleh. Salah satunya akibat tegangan listrik mobil yang tidak stabil. Hal ini bisa membuat switch tak bisa bekerja maksimal. Switch yang leleh umumnya akan terasa seret saat mobil dijalankan.