Berita

    Featured Image

    Ketahui Penyebab Transmisi Mobil Berdengung

    Transmisi mobil berdengung disebabkan oleh seringnya kendaraan tersebut mendapati sebuah gangguan. Dengan demikian, maka pengemudi mobil biasanya kesulitan atau mengalami kendala saat akan memindahkan gigi.

    Saat mengalami hal ini, apakah Anda telah mengetahui pemicu transmisi tersebut mengeluarkan suara bising atau dengung? Jika belum, maka sebaiknya ikuti informasi singkatnya berikut!

    Penyebab Transmisi Mobil Berdengung

    Komponen yang satu ini adalah bagian paling krusial untuk kendaraan bermotor, khususnya mobil. Ini disebabkan oleh fungsi komponen tersebut yang menyalurkan tenaga dari mesin menuju roda supaya kendaraan bisa bekerja optimal sesuai keinginan pengemudi.

    Perlu Anda ketahui, terdapat 2 macam transmisi mobil, yakni otomatis dan manual. Transmisi otomatis mampu diproses tanpa wajib mengatur gigi. Sedangkan, manual lazimnya mampu dikendalikan bersama kopling serta wajib diproses pengemudi secara manual.

    Layaknya komponen mobil yang lain, transmisi pun dapat mengalami kendala apabila Anda buruk menjalankannya. Di bawah ini merupakan sejumlah pemicu yang dapat menyebabkan transmisi mobil berdengung.

    • Kekurangan Oli

    Pemicu tertinggi dari transmisi mobil mendengung ialah tidak tercukupinya oli. Dengan begitu, roda gigi maupun komponen yang terkoneksi bersama transmisi mengeluarkan bunyi.

    Lalu, komponen-komponen itu lazimnya bisa bertabrakan satu sama lain sebab sistem penggeraknya memiliki hambatan karena dorongan asal oli transmisi kurang kuat. 

    Tidak hanya menjadi pelumas, namun oli pun bisa memberi tekanan ketika pergantian gigi. Kontaminasi pada oli pun bisa menyebabkan bisingan atau dengungan. Akan tetapi, oli tidaklah satu-satunya pemicu kemunculan bisingan atau dengungan.

    Apabila roda gigi tertentu merupakan sumber suaranya, atau bagian yang lain, komponen itu mungkin telah aus.

    • Terlalu Panas (Overheating)

    Transmisi mobil berdengung juga bisa disebabkan oleh kondisi yang satu ini. Apabila Anda secara mendadak menghirup aroma oli hangus, hal tersebut umumnya disebabkan transmisi yang sedang overheating serta wajib dilumasi.

    Pada intinya, pelumas berperan tidak hanya sebagai pelancar pergerakan elemen, namun juga sebagai penjaga kestabilan temperatur komponen.

    Sejumlah kendaraan pun mempunyai radiator kecil sebagai transmisi yang berguna sebagai pendingin pelumas.