Berita

    Featured Image

    Ketahui Penyebab Mobil Mati Mendadak & Cara Mengatasinya

    Tak sedikit orang yang diserang kepanikan saat mobil mati mendadak. Biasanya karena mereka tidak mengetahui apa penyebabnya. 

    Saat melihat indikator fuel meter pada mobil masih menunjukkan bensin yang cukup. Anda pun pasti jadi bertanya-tanya, apa yang menjadi masalah.

    Apa saja penyebab mobil yang mati mendadak dan bagaimana cara mengatasinya?   

    Beberapa Penyebab Mobil Mati Mendadak

    Untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja penyebab mobil Anda mati mendadak, berikut adalah beberapa penyebab umum yang bisa Anda waspadai.

    • Masalah Mesin Overheat

    Kekurangan air radiator atau jarak perjalanan yang jauh kerap menjadi sebab timbulnya mesin mobil overheat. 

    Untuk itu, penting bagi Anda mengecek secara keseluruhan keadaan mobil sebelum melakukan perjalanan jauh.

    Air radiator dapat diisi ulang secara mandiri. Namun jika didapati masalah pada kipas atau pump radiatornya, Anda perlu menyerahkan pada yang ahli.

    • Catalytic Converter Rusak

    Komponen katalisator CC punya fungsi menyaring gas polutan yang dihasilkan mesin pada knalpot mobil. 

    Kerusakan pada CC membuat laju mobil kian melambat, knalpot mengeluarkan asap yang berbau dan hitam pekat. 

    Jika kerusakan CC terus berlanjut, besar kemungkinan membuat mesin mobil mat.Untuk mengatasinya Anda bisa membersihkanya atau menggantinya dengan unit baru.

    • Putusnya Sekring Mobil

    Kasus sekring mobil yang putus dapat jadi penyebab matinya mobil. Jika sekring putus, itu artinya aliran listrik pada mobil juga terputus. Hal itu menyebabkan komponen elektronik di mobil terhenti. 

    Penting untuk selalu membawa sekring cadangan dengan kapasitas ampere yang sesuai. Karena lebih aman bagi Anda segera mengganti sekring yang putus.

    • Alternator yang Bermasalah

    Alternator dikenal juga sebagai dinamo mobil.Jika lampu indikator aki menyala, tandanya alternator sedang bermasalah. Sebagai komponen utama mobil, jika alternator rusak maka bisa membuat mobil mati mendadak. 

    Jangan anggap remeh kerusakan pada alternator. Hasil service alternator tidak akan bertahan lama. Dengan ketahanan usia 5 tahun, jika rusak lebih baik segera ganti dengan yang baru.

    • Saatnya Ganti Aki

    Anda sering mengalami kesulitan menyalakan mesin mobil di pagi hari?.Apalagi jika mobil sudah mangkrak di garasi berhari-hari. Itulah tanda bahwa daya aki mobil Anda melemah.