Berita

    Featured Image

    Ini Jenis-Jenis Asuransi Mobil yang Harus Diketahui

    Asuransi menjadi salah satu topik yang banyak diperbincangkan oleh masyarakat untuk melindungi aset berharga seperti mobil. Jika Anda juga tertarik untuk melindungi kendaraan, maka salah satu jenis asuransi mobil bisa dipilih.

    Namun sebelum melakukan hal tersebut, Anda perlu mengetahui ulasan singkat mengenai bermacam-macam asuransi mobil yang tersedia. Jangan lewatkan ulasan selengkapnya berikut!

    5 Jenis Asuransi Mobil

    Semakin berkembangnya zaman, ada banyak jenis asuransi yang bisa dipiluh untuk melindungi mobil. Berikut beberapa di antaranya:

    All Risk

    Sesuai namanya, asuransi jenis ini akan memberikan pembiayaan secara penuh terhadap berbagai kerusakan yang dialami mobil. Jadi, baik kerusakan kecil maupun besar akan di-cover oleh asuransi ini.

    Bagaimanapun juga, Anda perlu memenuhi berbagai syarat tertentu yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan. Selain itu, asuransi ini mempunyai premi yang tinggi karena nilai perlindungannya juga besar

    Polis Komprehensif

    Jenis asuransi mobil ini memberikan perlindungan kepada berbagai resiko yang bisa dialami oleh mobil. Resiko tersebut meliputi kecelakaan, kehilangan, kerusakan, dan lain sebagainya.

    Asuransi polis komprehensif umumnya mempunyai nilai premi yang cukup besar untuk dibayar karena perlindungannya yang mencakup banyak hal.

    Bagaimanapun juga, asuransi ini sangat bermanfaat bagi para pemilik mobil karena tak perlu khawatir lagi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Itulah mengapa Anda perlu mempertimbangkannya secara matang.

    jenis asuransi mobil

    Total Loss Only atau TLO

    Sesuai namanya, asuransi TLO hanya bisa digunakan jika mengalami kehilangan atau kerusakan total saja. Jadi, asuransi ini hanya bisa diklaim jika ada mobil yang hilang atau rusak namun tak bisa diperbaiki lagi.

    Umumnya, asuransi ini baru dapat diklaim jika kerusakan yang dialami telah mencapai 75% harga mobil. Anda bisa saja mengajukan jumlah harga di bawah itu. Namun kemungkinan besar akan ditolak.

    Salah satu keunggulannya adalah premi asuransi ini cenderung lebih terjangkau daripada lainnya. 

    Namun sebaiknya Anda memilih asuransi ini untuk mobil berharga jual tak terlalu mahal agar lebih mudah dalam mengajukan klaim.

    Risiko Pribadi

    Jika ketiga asuransi di atas ditujukan pada mobil, maka beda halnya dengan asuransi ini. Hal ini disebabkan asuransi risiko pribadi ditujukan kepada para pemilik mobilnya.

    Jadi, asuransi ini dapat diklaim jika pemilik mengalami hal-hal yang tak diinginkan terkait dengan mobilnya. Ketentuan klaimnya pun akan didasarkan pada kondisi pemilik mobil.

    Tanggung Jawab Pihak Ketiga

    Seperti namanya, jenis asuransi ini melindungi dari masalah yang muncul jika ada orang lain menggunakan mobil hingga rusak. Selain itu, asuransi ini juga bisa diklaim jika penggunaan mobil menyebabkan orang lain cedera.

    Asuransi ini cukup penting sebagai bentuk tanggung jawab jika ada hal-hal yang tak diinginkan terjadi pada mobil bukan milik sendiri. Terlebih lagi jika hal tersebut membuat orang lain menjadi korban.

    Asuransi tanggung jawab pihak ketiga memang tak menyediakan perlindungan terhadap pemilik mobil itu sendiri. Namun, asuransi ini sudah termasuk biaya hukum jika pihak ketiga menuntut serta ganti rugi sesuai kebutuhan.

    Dari kesimpulan di atas dapat diketahui bahwa kelima jenis asuransi mobil ini mempunyai fitur, kelebihan, maupun kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkannya dengan baik.