Berita

    Featured Image

    Tips! Cara Melewati Tanjakan Tanpa Membebani Mobil

    Tips melewati tanjakan merupakan informasi penting untuk pengendara yang kerap melintasi jalanan yang curam  dan menanjak. Bukan tanpa sebab, dengan menerapkan berbagai tips tersebut akan membuat Anda terhindar dari risiko tabrakan. 

    Selain itu, cara-cara tersebut juga akan membuat mobil bisa melewati jalan tanjakan tanpa membebani mobil. Apa saja tips agar bisa leluasa melewati jalanan yang curam dan menanjak dengan aman? Berikut informasinya. 

    Tips Melewati Tanjakan dengan Aman dan Bebas Hambatan 

    Harus melewati jalanan yang menanjak sudah merupakan tantangan yang mendebarkan, apalagi jika dalam kondisi macet. Butuh keahlian khusus dan kesabaran ekstra dalam mengatur kecepatan agar mobil bisa dikendalikan. 

    Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika menghadapi jalanan yang menanjak dan macet untuk mobil dengan transmisi otomatis dan manual. 

    Melintasi Tanjakan untuk Mobil Matic

    mobil di tanjakanPexels.com

    Sebenarnya, mengemudi di tanjakan dengan mobil matic lebih mudah dibandingkan dengan mobil manual. Sebab, terdapat fitur tambahan pada tuas persneling yang berfungsi untuk memudahkan mobil melintasi jalanan yang menanjak atau menurun. Berikut caranya. 

    • Ubah Tuas dari Posisi D

    Tips melewati tanjakan yang pertama adalah mengubah posisi tuas dari transmisi D ke transmisi D1 atau L saat melintasi jalur tanjakan yang curam. Sedangkan jika tanjakannya cukup landai, gunakan transmisi D2. 

    • Injak Gas

    Kedua, pahami saat yang tepat untuk menginjak gas ketika berada di jalur tanjakan. Anda perlu melakukan kick down jika merasa jalanan mulai menanjak. 

    Kick down adalah menginjak pedal gas secara penuh (dalam) agar mobil memiliki tenaga yang optimal. 

    • Hindari Injak Rem Ketika Pindah Tuas

    Ketiga, Pada saat akan memindahkan posisi tuas, sebaiknya tidak menginjak pedal rem mobil, tapi cukup dengan melepas pedal gas secara perlahan. 

    Melintasi Tanjakan untuk Transmisi Manual

    Tips melewati tanjakan untuk mobil dengan transmisi manual adalah sebagai berikut:

    • Perhitungkan Tingkat Kemiringan Tanjakan

    Sebelum melintasi tanjakan, Anda harus bisa memperhitungkan tingkat kemiringan medan. Ini dimaksudkan agar bisa menentukan persneling yang digunakan. 

    Untuk tingkat kemiringan yang landai Anda bisa menggunakan persneling gigi sedang. Untuk jalanan dengan tingkat kemiringan yang cukup curam, gunakan persneling gigi rendah. 

    • Menggunakan Rem Tangan

    Tips yang kedua adalah menggunakan rem tangan, yaitu dengan menginjak penuh pedal kopling dan kaki kanan tetap siaga menginjak gas sedangkan tangan kiri persiapan untuk menarik tuas rem tangan. 

    Saat mobil berhenti di tanjakan, tarik tuas rem tangan dengan kaki kiri tetap menginjak kopling. Sebelum melakukan cara tersebut, pastikan bahwa persneling gigi berada di posisi 1.  

    • Menggunakan Pedal Rem

    Tips yang ketiga adalah menginjak pedal rem yang dikombinasikan dengan kopling saat mengemudi. Cara ini bisa diterapkan untuk situasi jalanan menanjak yang tidak terlalu curam dan tidak macet. 

    Pada saat berhenti sejenak, Anda bisa menginjak pedal rem lalu pindahkan persneling gigi ke posisi netral. 

    • Menginjak Pedal Kopling dan Rem Bersamaan

    Tips terakhir adalah menginjak dua pedal secara bersamaan yaitu pedal rem dan pedal kopling. Cara ini akan membuat mobil otomatis berhenti dan mesin tetap hidup. Sebelum melakukannya, pastikan bahwa persneling gigi berada di posisi 1. 

    Untuk menjalankan mobil kembali, injak pedal gas hingga mencapai 2000 RPM dan secara bersamaan angkat kaki kiri dari pedal kopling dan rem secara perlahan sampai di posisi setengah.

    Itulah beberapa tips melewati tanjakan yang bisa Anda terapkan baik pada mobil matic maupun manual. Sebaiknya, pelajari cara menyetir mobil dengan baik, terutama ketika berada di tengah kemacetan dengan jalan yang menanjak lalu praktekkan.